Tuesday, March 3, 2015

Materi IAD HUJAN METEOR

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Komet dan Meteor adalah benda langit yang ada di tata surya. Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.
Jadi dapat diartikan bahwa komet dan Meteor merupakan benda-benda langit yang merupkan bagian anggota dari tata surya
B.      Tujuan
1.       Menjelaskan tentang komet;
2.      Menjelaskan tentang meteor;
3.      Menjelaskan tentang perbedaan antara komet dan meteor;
4.      Menjelaskan tentang hujan meteor.



BAB II
PEMBAHASAN
1.      Komet
komet dapat diartikan benda langit yeng mengelilingi matahari dengan garis ekor yang berbentuk lonjong, komet brasal ari bahasa Yunani yang berarti rambut panjang. Komet terdiri dar kumpulan debu dan gas yang membeku pada saat berada jauh dari matahari, ketika mendeketi matahari sebagian bahan penyusun komet membentuk kepala gas dan ekor. Komet juga mengelilingi matahari sehinga termasuk dalam sistem tata surya.
Bagian - Bagian Komet:
a.    Inti ,merupakan bahan yang sangat padat, diameternya mencapai beberapa kilometer, dan berbentuk dari berbegai penguapan bahan-bahan es penyusun komet yang kemudian berubah menjadi es;
b.   Koma,merupakan daerah kabut atau daerah yang mirip tabir disekeliling inti;
c.   Lapisan hidrogen,yaitu lapisan yang menyelubungi koma, tidak tampak oleh mata manusia diameter awan hidrogen sekitar 20 juta kilometer;
d.   Ekor, yaitu gas bercahaya yang terjadi ketika komet lewat didekat matahari. bagian ekor suatu komet terdiri dari 2 macam, yaitu ekor debu dan ekor ion. Bentuk ekor debu tampak berbentu “lengkungan” sedangkan ekor yang berbentuk “lurus”.

2.       Meteor
Meteor adalah benda langit yang masuk ke dalam wilayah atmosfer bumi yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi. Akibat adanya gesekan yang yang cepat tersebut menimbulkan pijaran api dan cahaya yang dari kejauhan kita melihatnya seperti bintang jatuh. Meteor yang masih di luar angkasa disebut meteorid.  Hanya ketika meteorid memasuki atmosfer bumi maka bisa disebut dengan meteor.
3.      Perbedaan Meteor dengan Komet
Ada sejumlah perbedaan antara meteor dengan komet, baik dari segi komposisi maupun peranannya dalam tata surya. Diantara perbedaan itu ialah:
a.        Meteor tidak memiliki orbit mengelilingi matahari sebagaimana komet;
b.      Karena tidak memiliki orbit layaknya komet, meteor tidak memiliki periode tetap ke bumi;
c.       Kedatangan sebuah komet dapat diprediksi, tetapi meteor bisa masuk atmosfer bumi setiap saat.
d.      Tidak semua komet bisa dilihat dengan mata telanjang, tapi selama hujan meteor, kita dapat menyaksikan kilatan cahaya meteor yang memenuhi langit malam.
4.      Hujan Meteor
Hujan meteor adalah sebuah peristiwa alam, dimana pada saat itu terdapat meteor yang meluncur masuk ke dalam atmosfir bumi dalam jumlah yang sangat banyak. Biasanya, hal tersebut bisa dijumpai ketika langit dalam kondisi gelap atau malam hari dan didukung oleh cuaca yang cerah.
Penyebab terjadinya hujan meteor ini adalah diakibatkan adanya pertemuan lintasan orbit komet dan lintasan orbit bumi. Di mana hal ini terjadi karena lintasan orbit membentuk konsep elips, yang memungkinkan adanya pertemuan waktu kedua orbit saling berdekatan. Pada saat berdekatan itulah volume meteor yang masuk ke atmostfer bumi mengalami peningkatan secara pesat. Sehingga hal ini yang menyebabkan terjadinya hujan meteor di sebagian wilayah bumi.




BAB II
KESIMPULAN
1.       komet dapat diartikan benda langit yeng mengelilingi matahari dengan garis ekor yang berbentuk lonjong.
2.      Meteor adalah benda langit yang masuk ke dalam wilayah atmosfer bumi yang mengakibatkan terjadinya gesekan permukaan meteor dengan udara dalam kecepatan tinggi.
3.      Ada sejumlah perbedaan antara meteor dengan komet, baik dari segi komposisi maupun peranannya dalam tata surya. Diantaranya adalah lintasan orbitnya, prediksi kedatangannya dan cara menyaksikannya.
4.      Hujan meteor adalah sebuah peristiwa alam, dimana pada saat itu terdapat meteor yang meluncur masuk ke dalam atmosfir bumi dalam jumlah yang sangat banyak.



Daftar Pustaka



No comments:

Post a Comment