Makalah Ilmu Pendidikan
KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas
mata kuliah “ILMU PENDIDIKAN”
Dosen Pembimbing: Kartika Wanojaleni, S.
Pd. I, M. Ag
Disusun Oleh:
1. Al
Ma’ruf Setya Putra
2. Elis
Listiyani
3. Siti
Alifaturohmah
4. Titin
Sri Rejeki
Semester 3
Tarbiyah B
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM SUFYAN TSAURI (STAIS)
Jl. KH.
Sufyan Tsauri Telp. 0280 622318 Majenang 53257
Tahun
Akademik 2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat
Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat serta Hidayah-Nya kepada kami sehingga
penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas makalah Ilmu Pendidikan yang
berjudul “KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN”.
Penulis
juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam
penyusunan makalah ini karena kami masih dalam tahap proses pembelajaran.
Semoga Allah SWT memberikan balasan kepada semua pihak.
Makalah
ini jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang membangun dari para
pembaca sangat kami harapkan agar dapat menyusun makalah berikutnya dengan
lebih baik lagi. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat bagi kami khususnya
para pembaca.
Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar................................................................................................i
Daftar Isi.........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN...............................................................................1
A. Latar Belakang...............................................................................1
B. Rumusan Masalah..........................................................................1
C. Tujuan Penulisan...........................................................................1
BAB II PEMBAHASAN...............................................................................2
A. PengertianIlmuPendidikan
.........................................................2
B. FungsiIlmuPendidikan
...............................................................4
C. RuangLingkupIlmuPendidikan
.................................................4
BAB III PENUTUP.......................................................................................7
Kesimpulan........................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................8
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah sesuatu yang
universal dan berlangsung terus tak terputus dari generasi kegenerasi dimanapun
didunia ini. Setiap orang pada dasarnya pernah mengalami pendidikan, tetapi
tidak setiap orang mengerti kata pendidikan. Pengertian pendidikan menjadi
penting manakala bahwa kita dapat memungkiri bahwa dengan perkembangan jaman di
dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah
pola piker pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern.
Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya
saja, seiring dengan kemajuan pendidikan terkadang konsep atau pengertian
tersebut mungkin menjadi bias atau kabur.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian Ilmu
Pendidikan ?
2.
Apa fungsi IlmuPendidikan
?
3.
Apa saja ruang
lingkup Ilmu Pendidikan ?
C.
Tujuan
Penulisan
1.
Untuk memahami
tentang Ilmu Pendidikan.
2.
Untuk
mengetahui fungsi Ilmu Pendidikan.
3.
Untuk
mengetahui ruang lingkup Ilmu Pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Ilmu
Pendidikan
Kata ilmu dalam Bahasa arab “ilm”
yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan
katanya ilmu pngetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan dan ilmu sosial
dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya. Menurut
istilah, ilmu adalah yang sistematis atau ilmiah. Menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, pengertian Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang
yang disusun secara sistematis menurut metode ilmiah tertentu yang dapat
digunakan untuk menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan.
Bebarapa ahli telah menuliskan
pengertian ilmu yaitu sebagai berikut:
1.
Karl Pearson
Ilmu
merupakan keterangan yang konsisten dan komprehensif tentang fakta pengalaman
dengan istilah yang sederhana
2.
Ralp Ross dan
Ernest Van Den Haag
Ilmu
merupakan umum, rasional, empiris, dan sistematik serta serentak.
3.
Ashely Montagu
Ilmu
merupakan pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari studi,
pengamatan, dan percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang hal yang
sedang dikaji.
Dalam arti sederhana pendidikan
sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai
dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya,
istilah pendidikan atau paedagogie berarti bimbingan atau pertolongan yang
diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi orang dewasa.
Selanjutnya, pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang
atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau
penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Secara etimologi Peadagogie berasal
dari bahasa Yunani, terdiri dari kata “PAIS” artinya anak, dan “AGAIN”
diterjemahkan membimbing, jadi Peadagogie yaitu bimbingan yang diberikan kepada
anak.
Secara terminologi, pendidikan
(Peadagogie) diartikan oleh para tokoh pendidikan, sebagai berikut:
1.
Ki Hajar
Dewantara
Mendidik
adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka
sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan
kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
2.
Rousseau
Pendidikan
adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi
kita membutuhkannya pada waktu dewasa.
3.
John Dewey
Pendidikan
adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual
dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
4.
SA. Bratanata
dkk.
Pendidikan
adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara tidak
langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaannya.
5.
D.
Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh
pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju
terbentuknya kepribadian yang utama.
6.
Ahmad Tafsir
Pendidikan adalah Usaha meningkatkan diri
dalam segala aspeknya. Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha sadar untuk
mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia baik di dalam maupun di luar
sekolah.
Jadi, Pendidikan adalah suatu proses bimbingan dan pengarahan untuk
membentuk kepribadian dan kemampuan anak dalam perkembangannya untuk mencapai
kedewasaannya secara langsung maupun tidak langsung baik dalam lingkungan
formal maupun nonformal.
Pengertian ilmu pendidikan juga terdapat banyak variasi batasan
yang diberikan oleh para ahli.
1.
Menurut Prof.
Dr. N. Driyarkara
Ilmu
pendidikan adalah pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut pendidikan
(mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis, dan
sistematis.
2.
Menurut Prof. M.J.
Langaveld
Peadagogie atau ilmu mendidik adalah suatu ilmu yang bukan saja menelaah
objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek itu, melainkan
mempelajari pula betapa hendaknya bertindak. Objek ilmu pendidikan ialah
proses-proses atau situasi pendidikan.
3.
Dr. Sutari Imam
Barnadib
Ilmu
Pendidikan mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan.
4.
Menurut Prof.
Brodjonegoro
Ilmu
Pendidikan atau peadagogie adalah teori pendidikan, perenungan tentang
pendidikan. Dalam arti yang luas peadagogie adalah ilmu pengetahuan yang
mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktik pendidikan.
B.
Fungsi Ilmu
Pendidikan
Ilmu
pendidikan mempunyai fungsi sebagai
perantara dalam membentuk masyarakat yang mempunyai landasan individual, sosial
dan nsurei. Pada skala mikro pendidikan bagi individu dan kelompok kecil berlangsung
dalam skala nsurei tebatas seperti antara nsure sahabat, antara seorang guru
dengan satu atau sekelompok kecil siswanya, serta dalam keluarga antara suami
dan isteri, antara orang tua dan anak serta anak lainnya. Pendidikan dalam
skala mikro diperlukan agar manusia sebagai individu berkembang semua
potensinya dalam arti perangkat pembawaannya yang baik dengan lengkap.
C.
Ruang
Lingkup Ilmu Pendidikan
Menurut Made Pinarta (2006: 7), Ilmu
Pendidikan dibentuk oleh sejumlah cabang ilmu yang terkait satu dengan yang
lain membentuk suatu kesatuan. Masing-masing cabang ilmu pendidikan dibentuk
oleh sejumlah teori. Cabang-cabang ilmu pendidikan yang dimaksud adalah:
a. Pendidikan Teoritis
b. Sejarah Pendidikan dan Perbandingan Pendidikan
c. Pengembangan Kurikulum
d. Didaktik Metodik atau Proses Belajar Mengajar
e. Media dan Alat Belajar
f. Komunikasi dan Informasi Pendidikan
g. Bimbingan dan Konseling
h. Evaluasi Pendidikan
i. Profesi dan Etika Pendidik
j. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan
l. Organisasi dan Menejemen Pendidikan
m. Statistik dan Penelitian Pendidikan
Cabang-cabang ilmu pendidikan ini,
suatu ketika sangat mungkin akan berkembang menjadi ilmu tersendiri. Bila kita
perhatikan cabang-cabang Ilmu Pendidikan di atas, tampak dengan jelas merupakan
sesuatu yang sistematis. Butir 1 dan 2 menjelaskan tentang Ilmu Pendidikan
secara global atau menyeluruh. Butir 3 sampai dengan 6 membahas tentang bahan
dan prosesing pendidikan. Butir 7 sampai dengan 8 membahas tentang faktor
menunjang proses pendidikan. Butir 9 khusus tentang pendidik. Butir 10 sampai
dengan 12 membahas tentang penyelenggaraan pendidikan. Dan
Kriteria guru yang baik menurut imam gojali
Ø
Guru sebagai pembimbing dan pengajaran
Ø
Guru sebagai pengkaji sejarah,khususnya sejarah
pendidikan
Ø
Guru sebagai pembimbing kehidupan agama murid
No comments:
Post a Comment