Monday, March 14, 2016

MAKALAH KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN

Makalah Ilmu Pendidikan

KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN






Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah “ILMU PENDIDIKAN”
Dosen Pembimbing: Kartika Wanojaleni, S. Pd. I, M. Ag


Disusun Oleh:
1.      Al Ma’ruf Setya Putra          
2.      Elis Listiyani                        
3.      Siti Alifaturohmah   
4.      Titin Sri Rejeki                     
5.      Wahyu Rifqi Abdillah          
Semester 3 Tarbiyah B



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUFYAN TSAURI (STAIS)
Jl. KH. Sufyan Tsauri Telp. 0280 622318 Majenang 53257
Tahun Akademik 2014/2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat serta Hidayah-Nya kepada kami sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan tugas makalah Ilmu Pendidikan yang berjudul “KONSEP DASAR ILMU PENDIDIKAN”.
            Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini karena kami masih dalam tahap proses pembelajaran. Semoga Allah SWT memberikan balasan kepada semua pihak.
            Makalah ini jauh dari kesempurnaan, maka kritik dan saran yang membangun dari para pembaca sangat kami harapkan agar dapat menyusun makalah berikutnya dengan lebih baik lagi. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat bagi kami khususnya para pembaca.

                                                                            Majenang, 30 September 2015

                                                                            Penulis
Daftar Isi


Kata Pengantar................................................................................................i
Daftar Isi.........................................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN...............................................................................1
A. Latar Belakang...............................................................................1
B. Rumusan Masalah..........................................................................1
C. Tujuan Penulisan...........................................................................1
BAB II PEMBAHASAN...............................................................................2
A. PengertianIlmuPendidikan .........................................................2
B. FungsiIlmuPendidikan ...............................................................4
C. RuangLingkupIlmuPendidikan .................................................4
BAB III PENUTUP.......................................................................................7
            Kesimpulan........................................................................................7
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................8
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tak terputus dari generasi kegenerasi dimanapun didunia ini. Setiap orang pada dasarnya pernah mengalami pendidikan, tetapi tidak setiap orang mengerti kata pendidikan. Pengertian pendidikan menjadi penting manakala bahwa kita dapat memungkiri bahwa dengan perkembangan jaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah pola piker pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Hanya saja, seiring dengan kemajuan pendidikan terkadang konsep atau pengertian tersebut mungkin menjadi bias atau kabur.
B.     Rumusan Masalah
1.    Apa pengertian Ilmu Pendidikan ?
2.    Apa fungsi IlmuPendidikan ?
3.    Apa saja ruang lingkup Ilmu Pendidikan ?
C.    Tujuan Penulisan
1.    Untuk memahami tentang Ilmu Pendidikan.
2.    Untuk mengetahui fungsi Ilmu Pendidikan.
3.    Untuk mengetahui ruang lingkup Ilmu Pendidikan.





BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian Ilmu Pendidikan
Kata ilmu dalam Bahasa arab “ilm” yang berarti memahami, mengerti, atau mengetahui. Dalam kaitan penyerapan katanya ilmu pngetahuan dapat berarti memahami suatu pengetahuan dan ilmu sosial dapat berarti mengetahui masalah-masalah sosial, dan sebagainya. Menurut istilah, ilmu adalah yang sistematis atau ilmiah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian Ilmu diartikan sebagai pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis menurut metode ilmiah tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan kondisi tertentu dalam bidang pengetahuan.
Bebarapa ahli telah menuliskan pengertian ilmu yaitu sebagai berikut:
1.      Karl Pearson
Ilmu merupakan keterangan yang konsisten dan komprehensif tentang fakta pengalaman dengan istilah yang sederhana
2.      Ralp Ross dan Ernest Van Den Haag
Ilmu merupakan umum, rasional, empiris, dan sistematik serta serentak.
3.      Ashely Montagu
Ilmu merupakan pengetahuan yang disusun dalam satu sistem yang berasal dari studi, pengamatan, dan percobaan untuk menentukan dasar prinsip tentang hal yang sedang dikaji.
Dalam arti sederhana pendidikan sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai didalam masyarakat dan kebudayaan. Dalam perkembangannya, istilah pendidikan atau paedagogie berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja oleh orang dewasa agar ia menjadi orang dewasa. Selanjutnya, pendidikan diartikan sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang atau kelompok orang lain agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup atau penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental.
Secara etimologi Peadagogie berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari kata “PAIS” artinya anak, dan “AGAIN” diterjemahkan membimbing, jadi Peadagogie yaitu bimbingan yang diberikan kepada anak.
Secara terminologi, pendidikan (Peadagogie) diartikan oleh para tokoh pendidikan, sebagai berikut:
1.      Ki Hajar Dewantara
Mendidik adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
2.      Rousseau
Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa anak-anak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.
3.      John Dewey
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
4.      SA. Bratanata dkk.
Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara tidak langsung untuk membantu anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaannya.
5.      D. Marimba
Pendidikan adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
6.      Ahmad Tafsir
Pendidikan adalah Usaha meningkatkan diri dalam segala aspeknya. Pendidikan pada hakikatnya merupakan usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan manusia baik di dalam maupun di luar sekolah.
Jadi, Pendidikan adalah suatu proses bimbingan dan pengarahan untuk membentuk kepribadian dan kemampuan anak dalam perkembangannya untuk mencapai kedewasaannya secara langsung maupun tidak langsung baik dalam lingkungan formal maupun nonformal.
Pengertian ilmu pendidikan juga terdapat banyak variasi batasan yang diberikan oleh para ahli.
1.      Menurut Prof. Dr. N. Driyarkara
Ilmu pendidikan adalah pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut pendidikan (mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis, dan sistematis.
2.      Menurut Prof. M.J. Langaveld
Peadagogie atau ilmu mendidik adalah suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaan atau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak. Objek ilmu pendidikan ialah proses-proses atau situasi pendidikan.
3.      Dr. Sutari Imam Barnadib
Ilmu Pendidikan mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan.
4.      Menurut Prof. Brodjonegoro
Ilmu Pendidikan atau peadagogie adalah teori pendidikan, perenungan tentang pendidikan. Dalam arti yang luas peadagogie adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari soal-soal yang timbul dalam praktik pendidikan.

B.     Fungsi Ilmu Pendidikan
Ilmu pendidikan mempunyai fungsi  sebagai perantara dalam membentuk masyarakat yang mempunyai landasan individual, sosial dan nsurei. Pada skala mikro pendidikan bagi individu dan kelompok kecil berlangsung dalam skala nsurei tebatas seperti antara nsure sahabat, antara seorang guru dengan satu atau sekelompok kecil siswanya, serta dalam keluarga antara suami dan isteri, antara orang tua dan anak serta anak lainnya. Pendidikan dalam skala mikro diperlukan agar manusia sebagai individu berkembang semua potensinya dalam arti perangkat pembawaannya yang baik dengan lengkap.

C.    Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan
Menurut Made Pinarta (2006: 7), Ilmu Pendidikan dibentuk oleh sejumlah cabang ilmu yang terkait satu dengan yang lain membentuk suatu kesatuan. Masing-masing cabang ilmu pendidikan dibentuk oleh sejumlah teori. Cabang-cabang ilmu pendidikan yang dimaksud adalah:
a. Pendidikan Teoritis
b. Sejarah Pendidikan dan Perbandingan Pendidikan
c. Pengembangan Kurikulum
d. Didaktik Metodik atau Proses Belajar Mengajar
e. Media dan Alat Belajar
f. Komunikasi dan Informasi Pendidikan
g. Bimbingan dan Konseling
h. Evaluasi Pendidikan
i. Profesi dan Etika Pendidik
j. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan
l. Organisasi dan Menejemen Pendidikan
m. Statistik dan Penelitian Pendidikan

Cabang-cabang ilmu pendidikan ini, suatu ketika sangat mungkin akan berkembang menjadi ilmu tersendiri. Bila kita perhatikan cabang-cabang Ilmu Pendidikan di atas, tampak dengan jelas merupakan sesuatu yang sistematis. Butir 1 dan 2 menjelaskan tentang Ilmu Pendidikan secara global atau menyeluruh. Butir 3 sampai dengan 6 membahas tentang bahan dan prosesing pendidikan. Butir 7 sampai dengan 8 membahas tentang faktor menunjang proses pendidikan. Butir 9 khusus tentang pendidik. Butir 10 sampai dengan 12 membahas tentang penyelenggaraan pendidikan. Dan

Kriteria guru yang baik menurut imam gojali
Ø  Guru sebagai pembimbing dan pengajaran
Ø  Guru sebagai pengkaji sejarah,khususnya sejarah pendidikan
Ø  Guru sebagai pembimbing kehidupan agama murid



No comments:

Post a Comment