Sunday, January 25, 2015

MAKALAH KONSEP DASAR TENTANG AQIDAH

MAKALAH
KONSEP DASAR TENTANG AQIDAH



Makalah ini disusun dan dipresentasikan untuk memenuhi tugas mata kuliah Aqidah Islamiyah


Dosen pemimbing: H. Fathurrahman, M. Pd. I

Disusun oleh:
Siti Faidah
Ulfatun jami’ah
Yunia Kholifah
Kelas: 1C Tarbiyah


                                                                             

Sekolah Tinggi Agama Islam Sufyan Tsauri
( STAIS ) MAJENANG
JL.KH.SUFYAN TSAURI PO.BOX 18 CIBEUNYING
Tlp. (0280)-623562 MAJENANG 53257
Tahun 2014

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kepada Allah yang Maha Kuasa yang senantiasa memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas makalah ini. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang  Aqidah Islam.
            Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu mata kuliah Aqidah Islamiyah. Adapun makalah ini  berjudul “Kosep Dasar Tentang Aqidah”.                                Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.                                                                             Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Aamiin.

                                                                                    Majenang, 1 Oktober 2014

                                                                                                            Tim Penyusun







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR…………………………………………………………...i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………..ii
BAB I : PENDAHULUAN……………………………………………………..1
            A. Latar Belakang……………………………………………………….1
            B. Tujuan………………………………………………………………...1
BAB II : PEMBAHASAN………………………………………………………2
            A. Mengenal Dzat dan Sifat Allah……...………………………………2
            B. Tauhid Uluhiyah……..………………………………………………3
            C. Tauhid Rububiyah..…………………………………………………4
            D. An-nubuwwah……………………………………………………….5
            E. Eskatologi…………………………………………………………….5
BAB III PENUTUP……………………………………………………………..6
            3.1 Kesimpulan…………………………………………………………..6
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………...7














BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
            Dalam ajaran agama Islam, manusia diperintahkan untuk mengimani/meyakini tentang keberadaan Allah swt yang menjadi pengendali dan penguasa jagad raya dan seisinya ini. Dan sebagai umat islam kita harus mempercayai adanya sifat-sifat Allah dan dzat-Nya, kita juga diwajibkan untuk  mempelajari yang terkandung dalam sifat-sifat tersebut.
B.     Tujuan
            Dalam rangka membangun keimanan seorang Muslim kepada Allah swt., maka yang dilakukan adalah dengan mengetahui dan memahami sifat-sifat yang dimiliki oleh Allah swt itu sendiri. Dengan seperti ini keimanan seseorang dapat menjadi kuat dan kebal sebab pemahaman mereka terhadap Allah melalui sifat-sifatnya.








BAB II
PEMBAHASAN
A.    Mengenal Dzat dan Sifat Allah                                                                    Kata dzat yang disandarkan pada Allah, kita jumpai pada sabda Nabi saw, "Tafakkaruu fi khalkillah walaa tafakkaruu fi dzatihi" Yang artinya "Berpikirlah kamu tentang ciptaan Allah, dan jangan berpikirmengenai Dzat-Nya (dzat Sang Pencipta).”
Perhatikanlah Firman Allah Swt :                                                          "Tidak sesuatu pun yang serupa dengan Dia (Allah), dan Dia Maha Mendengar, Maha Melihat." (QS. As-Syura[26]:11)
 "Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan; dan Dialah Yang Maha Halus lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-An'Aam[6]:103)
            Dengan demikian, maka setiap kali kita menyebut Dzat Allah, tidak berarti bahwa dzat yang dimaksud adalah dzat yang sama dengan berbagai dzat ciptaan-Nya sendiri seperti zat cair, zat padat, zat gas, atau zat-zat lain yang menyerupai itu. Sama hal nya dengan ketika kita berkata bahwa Allah Maha Mendengar. Ini juga tidak bisa diartikan sesederhana sebagaimana makhluk ciptaan-Nya mendengar dengan bantuan panca indera telinga.
Sifat-sifat wajib Allah :
1.      Wujud                                           = ada                                      
2.      Qidam                                           = dahulu atau awal.
3.      Baqa’                                             = kekal
4.      Mukhalafatu lil hawaditsi             = berbeda dengan ciptaanNya
5.      Qiyamuhu binafsihi                       = berdiri sendiri
6.      Wahdaniyyat                                 = esa atau tunggal
7.      Qudrat                                           = berkuasa
8.      Iradat                                            = berkehendak
9.      Ilmun                                             = mengetahui
10.  Hayat                                            = hidup
11.  Sama’                                            = mendengar
12.  Basar                                             = melihat
13.  Kalam                                            = berfirman
14.  Qadiran                                         = maha berkuasa
15.  Muridan                                        = maha berkehendak
16.  ‘Aliman                                         = maha mengetahui
17.  Hayyan                                          = maha hidup
18.  Sami’an                                         = maha mendengar
19.  Basiran                                          = maha melihat
20.  Mutakalliman                                = maha berbicara
            Sifat-sifat mustahil Allah:
1.      Adam                                            = tidak ada
2.      Hudus                                           = baru
3.      Fana                                              = rusak
4.      Mumatsalatul lil hawadisi             = sama dengan makhlukNya
5.      Ihtiyaju lighairihi                           = berdiri mebutuhkan yang lain
6.      Ta’adud                                         = terbilang
7.      Ajzun                                            = lemah
8.      Karahah                                         = terpaksa
9.      Jahlun                                            = bodoh
10.  Mautun                                          = mati
11.  Summun                                        = tuli
12.  Umyun                                          = buta
13.  Bukmun                                        = bisu
14.  Ajizan                                            = yang lemah
15.  Mukrahan                                      = yang terpaksa
16.  Jahilan                                           = yang bodoh
17.  Mayyitan                                       = yang mati
18.  Ashamma                                      = yang tuli
19.  A’ma                                             = yang buta
20.  Abkam                                          = yang bisu

Sifat Jaiz Allah :
Fi’lu kulli mumkinin auwtarkuhu yang artinya “Melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang mungkin terjadi.”



B.     Tauhid Uluhiyah
            Kata Tauhid berasal dari kata wahhada,yuwahhidu,tauhidan,yang berarti menjadikan-Nya satu. Secara istilah didefinisikan sebagai “mengesakan Allah SWT”. Maksud Tauhid Uluhiyyah ialah kita mentauhidkan Allah dalam peribadatan atau persembahan.
Tauhid uluhiyah : percaya sepenuhnya bahwa Allah lah yg berhak menerima semua peribadatan makhluk, dan hanya Allah saja lah yg sebenarnya dan yg harus disembah.
            Tauhid Uluhiyyah terambil dari kalimat Ilaahinnas. Maknanya, suatu keyakinan bahwa hanya Allah swt. yang paling berhak untuk diibadahi.
            “Dan tidaklah Kami mengutus seorang rasul sebelum kamu, melainkan Kami wahyukan kepada mereka bahwa tiada Tuhan selain Aku, maka beribadahlah hanya kepada-Ku.” (Q.S. Al-Anbiya [21] : 25)
C.    Tauhid Rububiyah
       Tauhid Rububiyah berarti “percaya bahwa hanya Allahlah satu-satunya pencipta,pemilik,pengendali alam raya yang dengan takdirnya ia menghidupkan dan mematikan serta alam dan sunnah-sunnahNya”.
       (Q.S. Al-A’raf [7]:54)
Allah Swt berfirman:
Artinya : Allah menciptakan segala sesuatu dan Dia Maha Pemelihara atas segala sesuatu ..." (Q.S. Az-Zumar [39]: 62)                             
        Tauhid Rububiyyah maknanya suatu keyakinan bahwa hanya Allah swt  satu-satunya Yang Maha Pencipta dan Pengatur. Dan Tauhid Uluhiyyah maknanya suatu keyakinan bahwa hanya Allah swt. yang paling berhak diibadahi dan diberi loyalitas.  Wallahu A’lam
D.     An-Nubuwwah (Kenabian)           
            Kata an-Nubuwwah (النبوة) adalah revisi dari kata an-Nabwah (النبوة) yang berarti ar-Rif'ah (الرفعة); keluhuran dan ketinggian derajat. An-Nubuwwah (النبوة) juga bisa diambil dari kata an-Naba' (النبأ) yang berarti al Khabar (الخبـر) ; berita, jadi an-Nabiyy (النبي) yang berwazan Fa'iil (فعيل) berarti Faa'il (فاعل) yakni bahwa Nabi adalah pembawa berita dari Allah dengan perantara malaikat.
            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, nabi adalah orang yg menjadi pilihan Allah untuk menerima wahyu-Nya dan kenabian adalah sifat (hal) nabi, yang berkenaan dengan nabi. Kenabian hanya berlaku pada manusia saja, dan tidak berlaku di kalangan para malaikat dan Jin. Jadi tidak ada nabi dari kalangan malaikat maupun jin. Sedangkan kerasulan tidak hanya berlaku di kalangan manusia, di kalangan para malaikat juga ada rasul. Allah ta’ala berfirman:
 ) الله يصطفي من الملائكة رسلا ومن الناس (  (سورة الحج : 75) 
Maknanya: ”Allah memilih utusan-utusan-Nya dari malaikat dan dari manusia"  (Q.S. al-Hajj [22]:75)
E.     Eskatologi
            Eskatologi (dari bahasa Yunani, Eschatos) yang berarti "terakhir" dan -logi yang berarti "studi tentang" jadi eskatologi adalah bagian dari teologi dan filsafat yang berkaitan dengan peristiwa-perisitwa pada masa depan dalam sejarah dunia, atau nasib akhir dari seluruh umat manusia, yang biasanya dirujuk sebagai kiamat (akhir zaman). Dalam mistisisme, ungkapan ini merujuk secara metaforis kepada akhir dari realitas biasa, dan kesatuan kembali dengan Yang Ilahi. Dalam pengertian yang lebih luas, eskatologi dapat mencakup konsep-konsep terkait seperti, misalnya Era Mesianik atau Mesias, akhir zaman, dan hari-hari terakhirTop of For..













BAB III
PENUTUP
1.        Kesimpulan
Berfikirlah tentang ciptaan Allah dan jangan berfikir tentang dzatNya Allah. Allah mempunyai sifat wajib,sifat mustahil, dan sifat jaiz. Tauhid Rububiyyah maknanya suatu keyakinan bahwa hanya Allah swt  satu-satunya Yang Maha Pencipta dan Pengatur. Tauhid Uluhiyyah maknanya suatu keyakinan bahwa hanya Allah swt. yang paling berhak diibadahi dan diberi  loyalitas.Nubuwah (kenabian) merupakan jembatan dari masa transisional, yakni dari masa primitif ke masa rasional. Dan puncak dari masa transisional tersebut adalah pada masa Nabi Muhammad sehingga pada saat ini manusia tidak memerlukan lagi figur seorang Nabi karena manusia sudah berada pada masa rasional dimana pemikiran manusia sudah berkembang secara pesat. Eskatologi yaitu berkaitan dengan peristiwa-perisitwa pada masa depan dalam sejarah dunia, atau nasib akhir dari seluruh umat manusia, yang biasanya dirujuk sebagai kiamat (akhir zaman).







DAFTAR PUSTAKA
Al-Asgar, Umar Sulaiman.2004. Siapakah Tuhanmu. Jakarta: Sahara Publisher

 T.D Haryo Suparno.2007.Aqidah  Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII. Semarang : Erlangga 

No comments:

Post a Comment